BELIGAT MORE THAN STUDENTS PRESENT by BELIGAT UPDATE.COM (Semarak HUT ke-1 Beligat Update.com)

Semangat Pagi Para Pemuda yang Mempunyai Semangat 100%

Nah, seperti pada postingan sebelumnya mengenai Lomba Film Pendek . Kali ini masih membahas mengenai serangkaian HUT ke-1 Beligat Update.com. 

Kegiatan yang satu ini dikhususkan bagi para pelajar SMA, SMK, MA dan sederajat. Kegiatan pelatihan jurnalis dan pemilihan Ambasador Beligat Update.com ini adalah salah satu kegiatan dari serangkaian HUT ke-1 Beligat Update.com. Mau tau detailnya? Mari kita simak...

Era sekarang, berita merupakan suatu hal yang penting dalam kehidupan sehari-hari masyarakat. Apalagi berita yang diterbitkan adalah berita terbaru dan terpercaya. Semua berita tersebut dilahirkan dari hasil karya para jurnalis yang bekerja di media ataupun tidak. Jelasnya, berita yang diterbitkan dari suatu media terpercayalah yang paling ditunggu-tunggu.
Jurnalis atau wartawan adalah seseorang yang melakukan kegiatan jurnalistik atau seseorang yang secara berkesinambungan menulis berita untuk diterbitkan dalam suatu media publikasi. Media publikasi yang dimaksud adalah media publikasi cetak ataupun online yang dapat dipertanggungjawabkan keabsahan tulisan atau beritanya.
Media publikasi online adalah suatu wadah berita yang diterbitkan secara online melalui halaman website. Jenis media publikasi ini bisa dikatakan sangat berpengaruh di-era yang semakin canggih ini. Media publikasi online dapat menerbitkan berita kapanpun, jika redaksi ingin menerbitkannya. Sehingga beritanya pun selalu terbaru dan terhangat. Hal tersebutlah yang menjadi keunggulan dari media publikasi jenis ini.
Pada dasarnya, menjadi seorang jurnalis tidaklah terhalang oleh umur  seseorang tersebut. Selagi mereka ingin belajar dan berkeinginan kuat menjadi jurnalis, maka tidak ada larangan untuk tidak mewujudkannya. Tapi, waktu yang tepat untuk menumbuhkan jiwa jurnalis seseorang adalah pada masa sekolah, terutama Sekolah Menengah Atas (SMA). Seorang pelajar SMA adalah cikal bakal jurnalis yang handal jika bisa diarahkan sejak dini. Mengapa harus pelajar SMA? Karena pada masa SMA adalah masa transisi ketika pelajar tersebut tumbuh menjadi dewasa dan mulai beranjak menuju bangku perkuliahan. Apalagi jika pelajar tersebut mempunyai hobi menulis dan mempunyai ketertarikan dalam dunia jurnalistik.
Beligat update.com adalah media publikasi online yang menyajikan berita khususnya dari Kota Lubuklinggau dan Kabupaten Musi Rawas. Beligat update.com yang akrab disebut Beligat, masih terbilang baru dalam kancah media publikasi online, yang lahir pada Desember 2016. Walaupun terbilang baru, eksistensi Beligat tidak diragukan lagi. Hal tersebut dapat dilihat dari statistik pengunjung dari halaman websitenya (www.beligatupdate.com).
Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Pertama Beligat update.com, redaksi sangat ingin semakin berkembang dan tumbuh, serta berguna bagi masyarakat sekitar. Salah satunya adalah dengan membuat acara Beligat More Than Students. Acara ini diadakan sebagai wadah untuk menyalurkan hobi para pelajar dalam dunia menulis, dan berkeinginan menjadi seorang jurnalis nantinya. Melalui Beligat More Than Students ini juga, kelak akan melahirkan seorang jurnalis yang siap berkontribusi untuk sekolah dan masyarakat, menjadi Ambasador Beligat di sekolahnya, serta Ambasador Beligat di ranah pelajar Kota Lubuklinggau dan Kabupaten Musi Rawas.

TUJUAN KEGIATAN

1.    Menumbuhkan rasa cinta menulis dikalangan pelajar
2.    Menumbuhkan semangat jurnalis dikalangan pelajar
3.    Mengenalkan peran penting jurnalis media publikasi online bagi masyarakat
4.    Melahirkan jurnalis-jurnalis muda yang siap berkontribusi untuk sekolah, masyarakat dan orang sekitarnya.


WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN

           Waktu             : 22 Oktober 2017
Deskripsi       : Pelatihan dan lomba jurnalis media publikasi online antar
   pelajar Kota Lubuklinggau dan Kabupaten Musi Rawas.


TARGET KEGIATAN

Pelajar SMA, SMK, MA dan Mahasiswa Kota Lubuklinggau dan Kabupaten Musi Rawas.


           MATERI PELATIHAN

1.    Dasar menulis
2.    Dasar jurnalistik
3.    Pengenalan media publikasi online beserta fungsi dan perannya
4.    Pengenalan jurnalis media publikasi online.

            SYARAT DAN KETENTUAN

1.    Setiap sekolah minimal megirimkan 1 tim (1 tim berjumlah 2 orang) perwakilan siswa/siswi.
2.    Tidak ada batasan umur dan kelas.
3.    Peserta pelatihan/perwakilan siswa/siswi terdaftar disekolah tersebut sebagai perwakilan dengan melampirkan fotocopi kartu pelajar atau surat keterangan dari kepala sekolah.
4.    Peserta pelatihan mengisi formulir (terlampir) dan menandatangani formulir tersebut serta diketahui oleh kepala sekolah.
5.    Peserta membayar retribusi pelatihan sebesar Rp. 100.000,- /registrasi (bukan hitungan /tim).

          INFORMASI DAN KONTAK

1. Alamat           : Jl. Bungur Blok D Prumnas Tanjung Aman nomor 595,  Kelurahan Tanjung Aman, Kecamatan Lubuklinggau Barat I, Kota Lubuklinggau, Sumatera Selatan, Kode Pos 31614
2.  Telepon         : 0852 – 6920 – 5070
3.  Email             eventbeligat@gmail.com
                4. Website         www.beligatupdate.com

Formulir pendaftaran bisa di-download Formulir Pendaftaran.




Be More Than Student and Be Great People

Present by



Baca juga:

Comments

Popular

Potret Wisata Air Terjun Watervang, Lubuklinggau, Sumatera Selatan, 2017: Terlihat Sangat Alami

Lidah Mertua: Kumpulan Puisi yang Sangat Menggugah Hati

OPPO Service Center Lubuklinggau Siap Melayani Kamu

Puisi Resah Sang Pencari Kerja

13 Jenis Headline yang Mematikan dalam Copywriting