5 Fakta Tentang IELTS yang Mungkin Belum Kamu Ketahui! Wajib Baca Bagi yang Akan Mengikuti IELTS


Tahu IELTS kan? IELTS adalah International English Language Testing System. Jadi, test ini merupakan salah satu tolak ukur kemampuan bahasa Inggris-mu. Biasanya hasil tes ini digunakan sebagai salah satu syarat dalam instansi untuk keperluan kerja ataupun belajar. IELTS terdiri dari empat tes yaitu, listening, reading, writing, dan speaking.

Bagi kamu yang ingin tes IELTS harusnya kamu mempersiapkan diri sebelum mengikuti test, latihan soal dan sejenisnya. Berikut 5 fakta tentang IELTS yang mungkin belum kamu ketahui:

1.       Native Speakers and Non-Notive Speakers mempunyai kesempatan yang sama untuk meraih nilai tertinggi pada IELTS

Ada beberapa pernyataan bahwa seorang native english speakers pasti akan mendapatkan skor 9 (skor tertinggi pada IELTS). Ini hanyalah omong kosong belaka, ada beberapa kejadian seorang native speakers malah tidak mendapatkan nilai tertinggi. Begitu pun sebaliknya. Sebenarnya semua tergantung pada usahamu selama mempersiapkan diri saat akan mengikuti tes. Seberapa giat kamu latihan serta  seberapa beruntungnya kamu.

2.       Tidak Ada Jalan untuk Curang Selama Tes IELTS

Mencontek ataupun curang tak akan bisa selama tes. Tak ada jalan. Harusnya kamu fokus dengan test tersebut. Serta mempersiapkan diri sebelum tes. Mencontek hanya akan menghabiskan waktumu dengan percuma. Sama halnya soal-soal tes pun tak akan terpublikasi dan juga kamu tak dapat membawa keluar salinan atau pun soal tes tersebut setelah tes selesai

3.       Meminta Penguji untuk Mengulang Kembali Pertanyaan pada Bagian Speaking Tidak Akan Mempengaruhi Skor IELTS-mu

Meminta penguji mengulang kembali pertanyaan pada sesi speaking bukanlah permasalahan. Hal tersebut pun tak akan mengurangi skormu. Pada dasarnya yang di-tes adalah kemampuan berbicaramu bukan kemampuan mendengarkan. Pada sesi speaking kamu diwajibkan berbicara dengan lancar serta relevan dengan pertanyaan yang diberikan. Jadi, sah-sah saja jika kamu meminta mengulang pertanyaan saat kamu kurang mengerti pertanyaan yang diberikan. Sudah sewajibnya kamu benar-benar memahami pertanyaan dan maksud pertanyaan yang diberikan penguji.

4.       Menggunakan Kosakata yang Susah dan Komplek pada Bagian Writing Akan Menjamin Skor IELTS-mu Lebih Baik

Menggunakan kosakata yang kompleks memang tak ada salahnya. Hal tersebut malah mencerminkan penguasaan kosakata yang kamu punyai. Namun, jangan berlebihan. Karena, jika terlalu banyak kosakata yang kompleks dan susah malah akan terlihat tidak natural. Mirisnya, malah akan membuat yang membaca tidak mengerti maksud dari tulisan yang ingin kamu sampaikan. Ada baiknya, tulisan yang kamu buat sesuai dengan struktur dan dapat dimengerti oleh pembaca.

5.       Grammar Saat Speaking Test Tak Terlalu Penting

Saat speaking test, grammar hanya memiliki bobot 25persen. Jadi, saat kamu berbicara janganlah terlalu berfokus pada grammar. Jika hal tersebut kamu lakukan maka penguji akan tahu bahwa kamu sedang mengingat grammar, serta buruknya dapat mempengaruhi konsentrasimu. Ada baiknya kamu lebih berfokus pada kosakata, ide, pendapat, dan kelancaran saat berbicara. Itu akan sangat membantumu untuk mendapatkan nilai yang bagus.


Referensi dari situs Live-english.net/interesting-facts-ielts/
Sumber gambar dari Freepik.com

Comments

Popular

Potret Wisata Air Terjun Watervang, Lubuklinggau, Sumatera Selatan, 2017: Terlihat Sangat Alami

Puisi Resah Sang Pencari Kerja

Asiknya Mandi di Air Terjun Sando, Lubuklinggau, Sumatera Selatan

Lidah Mertua: Kumpulan Puisi yang Sangat Menggugah Hati

Lima Fakta yang Wajib Kamu ketahui Mengenai Kupu-kupu Gajah (Attacus atlas)