Hal-hal yang Wajib Kamu Ketahui Mengenai Broadcast SMS
Hallo
wanKawan,
Merasa terganggu dengan Broadcast SMS?
Pada tulisan kali
ini, kita akan berbicara sedikit serius J . Jarang-jarang banget rasanya buat
tulisan yang bertemakan pengetahuan atau teknologi (padahal jurusan kuliahku
teknik elektro #tepokjidat). Tulisan ini terinsipirasi dari sebuah artikel yang
mengupas tentang keluhan konsumen mengenai SMS broadcast yang sering ia dapati. Lebih tergelitiknya lagi mengenai
artikel tersebut adalah kurang jelas pembahasan mengenai informasi atau detail broadcast SMS yang seharusnya diketahui
pembaca. Oleh karena itu, rasanya lumayan gatal juga tangan ini untuk sedikit
mengupas mengenai SMS broadcast
tersebut. Pada dasarnya aku pernah sedikit membaca dasar mengenai sistem kerja
SMS broadcast tersebut, dan kali ini aku
hanya ingin berbagi.
Baiklah aku
akan coba sedikit mengupas mengenai SMS broadcast
yang telah banyak kita temui, dengan membaginya berdasarkan beberapa permasalahan.
Permasalahan pertama, Konsumen
mengeluh/protes mngenai SMS broadcast
yang sering dia terima!
Saranku, bagi kamu pengguna smartphone
atau HP cobalah berpikiran dan bertindak smart
seperti barang elektronik yang kamu punyai. Jika kamu merasa terganggu dengan
SMS broadcast tersebut, abaikan sajalah;
tak perlu dibaca; jika memang alasannya banyak-banyakin inbox saja, cobalah pelajari fitur delate (hapus pesan), kamu pasti
tahu dong cara menghapus pesan; banyak
banget pesan yang harus dihapus! Ingat, biasanya hampir disetiap HP punya
fitur tandai pesan dan kamu bisa hapus banyak pesan dengan cepat dan praktis;
jika menghapus pesan pun masih menjadi masalah, saranku: stop menggunakan HP;
berpikirlah yang simple dan jangan memperibet keadaan. Take it easy Kawan!
Permasalahan kedua, Konsumen
menganggap bahwa perusahaan yang broadcast
SMS (promosi) memperoleh nomornya dengan membeli database atau sejenisnya!
Perlu wanKawan ketahui juga bahwa, mengirim pesan promosi (broadcast) melalui SMS/MMS pada dasarnya tidak atau belum dilarang.
Tapi, memperoleh nomor HP orang lain untuk dijadikan objek promosi dapat
dipermasalahkan, apabila nomor HP tersebut diperoleh dengan cara melanggar privacy pemilik nomor tersebut. Hal ini
dijelaskan pada Pasal 26 UU No. 11 Tahun 2008 tentang informasi dan Transaksi
Elektronik, yang berisikan:
(1) Kecuali ditentukan lain oleh Peraturan Perundang-undangan, penggunaan setiap informasi melalui media elektronik yang menyangkut data pribadi seseorang harus dilakukan atas persetujuan Orang yang bersangkutan.(2) Setiap Orang yang dilanggar haknya sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dapat mengajukan gugatan atas kerugian yang ditimbulkan berdasarkan Undang-Undang ini.
Kemudian
saranku, cobalah berpikir lebih bijak atau cobalah melihat jenis SMS seperti
apa yang mereka kirim?; perusahaan apa yang mengirimkan broadcast SMS? Jika
memang kamu belum mengetahui hal tersebut, yok kita berbagi informasi setelah
ini. Ada beberapa jenis broadcast SMS
yang perlu kamu ketahui.
Permasalahan ketiga, kurangnya
pengetahuan dan informasi si Konsumen sehingga mereka mengeluh yang terkesan asal-asalan
protes.
Sebenarnya
permasalahan jenis ini masih bisa ditolerir karena tidak semua orang mengetahui
tentang teknologi jenis ini. Sebenarnya SMS broadcast
biasanya dijadikan media untuk mempromosikan barang dari sebuah perusahaan.
Perlu diketahui juga bahwa, sudah ada jasa SMS broadcast yang dijadikan salah satu ladang bisnis. Hal ini
dikarenakan, kebanyakan perusahaan lebih memilih mengeluarkan uang (membayar
orang untuk promosi melalaui broadcast SMS)
dari pada harus turun tangan dan jadinya lebih ribet (terutama perusahaan yang
tidak bergerak dibidang IT).
Nah, supaya
pengetahuan kita semakin mantap berikut beberapa jenis broadcast SMS yang perlu Kawan ketahui:
1. SMS Gateway.
SMS Gateway merupakan broadcast SMS dua arah. Dalam artian, si
penerima SMS juga dapat membalas SMS dari si pengirim. Dalam hal ini, biasanya
diperuntukkan bagi perusahaan yang menginginkan jawaban dari konsumen.
Contohnya, provider telpon selular yang menawarkan promo terbaru, sehingga
penerima bisa menjawab dan mengambil keputusan untuk mengambil promo tersebut
atau tidak; informasi berupa pengumuman dari sebuah perusahaan yang membutuhkan
jawaban dari si penerima SMS. SMS jenis ini, biasanya perusahaan telah
mempunyai daftar database nomor HP
target SMS, dan database tersebut
biasanya didapatkan dari si target SMS sendiri (nomor HP didapatkan langsung
atas seizin yang punya Nomor).
2. SMS masking dan non-masking.
SMS masking merupakan jenis SMS
yang identitas pengirim bisa diketahui oleh penerima SMS. Sedangkan SMS non-masking merupakan jenis SMS yang
identitas pengirim tidak diketahui oleh penerima SMS (biasanya berupa nomor HP
baru yang tak dikenal). SMS jenis ini merupakan SMS satu arah yang hanya berupa
informasi promo dari pengirim SMS. Perihal database
nomor HP jenis SMS seperti ini, biasanya diperoleh dengan mengacak angka
sehingga membentuk nomor HP (mengacak nomor dengan menggunakan aplikasi). Jadi
wanKawan tak perlu merisaukan, perihal dapat dari mana perusahaan tersebut
nomor HP-mu. Yang jelas, si pengirim SMS tak mengetahui identitas detail si
penerima SMS.
3. SMS/MMS Location Based Advertising (LBA).
Location Based Advertising (LBA) merupakan
jenis broadcast SMS untuk promosi yang
menggunakan media SMS/MMS pada lokasi tertentu dan waktu yang diinginkan.
Nah, pastinya kawan-kawan pernah mendapatkan SMS jenis ini. Jadi ilustrasinya,
ketika kita mendekati suatu toko atau perusahaan, pasti secara otomatis kita
mendapatkan SMS promo dari toko/perusahaan tersebut.
SMS jenis inilah yang dibahas oleh artikel yang menggelitikku pada wacana di
paragraf pertama. Jadi, kamu tak perlu khawatir toko/perusahaan tersebut
mendapatkan nomor HP-mu dari mana. Bukan berarti mereta membeli database, tapi semuanya dikendalikan
oleh sistem teknologi secara otomatis ketika kamu mendekati toko/perusahaan
tersebut. Biasanya SMS/MMS LBA ini merupakan SMS/MMS satu arah, penerima tak
bisa membalas SMS pengirim. Serta, detail identitas si penerima SMS pun tak
diketahui oleh pengirim SMS.
Bagaimana Kawan, apakah sudah ada bayangan jenis SMS seperti
apa ketika kamu mendapatkan SMS broadcast?
Jadi, aku harap kita sekarang bisa lebih bijak menanggapi broadcast SMS yang kita terima, tanpa
harus protes hal sepele dan membesarkan hal kecil.
Be smart people Kawan.
*Berbagai sumber
Ketika kamu
mempunyai smartphone, jadilah lebih smart dari pada phone yang kamu punya. Pelajarilah! Jangan sampai kamu dibodohi
atau diperbudak smartphone, atau
malah kamu terlihat lebih bodoh ketika menggunakan smartphone tersebut.
Baca juga:
- Hal-hal yang Perlu Kamu Ketahui saat Puasa Ramadhan
- Lima Alasan Menggunakan Bloger sebagai Media untuk Nge-blog
- Surat Cinta dari Google Adsense: Cara Ampuh Mendaftar Blog ke Google Adsense
- Statistik Jumlah Pengguna Internet dari berbagai Negara Tahun 2016: Indonesia Urutan ke-12
- Belajar dari Album Lama, Java Summer Camp 2012
Comments
Post a Comment