Posts

Showing posts from November, 2016

Lima Fakta yang Wajib Kamu ketahui Mengenai Kupu-kupu Gajah (Attacus atlas)

Image
Halo wanKawan, Semangat Musim Hujan ya!

Pada postingan sebelumnya yang berjudul 13 Hal yang Wajib Kamu Foto di Butterfly Park Bali, sudah dibaca belum? Baca dulu yok! Postingan tersebut sedikit mengupas foto-foto selama berada di Butterfly Park, Bali, penasaran? Makanya baca dulu deh #hehe. Nah, kali ini aku akan membahas mengenai lima fakta yang wajib kamu ketahui mengenai Kupu-kupu Gajah. Penasaran? Yok, lanjut….
1. Kupu-kupu terbesar di dunia. Kupu-kupu Gajah ini sering dianggap sebagai kupu-kupu terbesar di dunia, karena luas permukaan sayap-sayapnya mencapai 400cm2. Dan rentang sayapnya pun cukup lebar lebih dari 25 cm.

Mengaku Cinta Indonesia? Wajib Baca ini!

Image
Apakah pernah terlintas dalam pikiran kalian… “Ada apa dengan Indonesia sekarang?” “Mengapa politik di Indonesia seakan sangat menyeramkan?” “Mengapa begitu banyak provokasi di Indonesia sekarang?” “Mengapa Indonesia sekarang seakan tak lagi bersatu dalam ‘Bhineka Tunggal Ika’?” “Apakah Indonesia kembali dijajah? Dijajah secara halus tak kelihatan?” “Mengapa rakyat Indonesia sekarang, mudah sekali terprovokasi dengan isu dan pernyataan belaka?” “Mengapa…?”

Enam Alasan, Kenapa Fosil Pesawat pun Bisa Jadi Tempat Wisata Asik, Blitar, Curup

Image
Semangat Juang 2016 Kawanku!
Tak terasa, tinggal satu bulan lagi kita berada ditahun 2016 ini. Tak terasa juga,  kita sudah hampir menghabiskan waktu satu tahun ditahun 2016 ini? Apa saja yang telah wanKawan lakukan selama 2016? Hehehe nanti saja akan kita bahas pada akhir/awal tahun ya…



Delapan Tips Backpacker-an Denpasar-Yogyakarta.

Image
Hey hey hey wanKawan,

Yo… bagi wanKawan yang sudah merasa cukup liburan di Bali, tapi masih pengen banget liburan lagi, masih ada spare waktu cuti, mungkin? Ke Yogyakarta aja, berhubung waktu cuti wanKawan masih banyak. Aku sarankan untuk backpacker-an aja, sambil menikmati keindahan alam selama perjalanan sekaligus menghabiskan waktu dengan hal yang tak biasa.

Bagi wanKawan yang sudah berniat untuk backpacker-an ke Bali tapi masih bingung mau mulai dari mana? Nih, aku ada delapan tips buat kamu yang merencakan perjalanan ke Yogyakarta ala-ala backpacker-an:



Tujuh Kegiatan yang Dapat Kamu Lakukan Selama Menunggu Jadwal Keberangkatan

Image
Wait… Terkadang menunggu adalah suatu kegiatan yang membosankan. Tapi, semua tergantung bagaimana cara wanKawan menyiasatinya. Jika wanKawan bisa memanfaatkan waktu menunggu dengan suatu hal yang bermanfaat, maka bisa dikatakan wanKawan tidak menunggu, tapi menggunakan waktu sebaik mungkin. Apalagi menunggu jadwal keberangkatan yang terkadang malah ditambah dengan delay, #huft rasanya pasti sesuatu banget… Tapi, wanKawan tak perlu khawatir, ini ada tujuh kegiatan yang dapat wanKawan lakukan selama menunggu jadwal keberangkatan:

Enam Spot Foto Asik yang Wajib Kamu Kunjungi Di Bangli, Bali

Image
X: Ke Bali yok!
Y: Ngapain?
X: Ya liburanlah! Bali-kan kota liburan bro!
Y: Terus mau kemana?
X: Ke Bangli aja!

#ups... Emang ada apa di Bangli?
Banyak, banyak banget! wanKawan bisa explore banyak tempat wisata di Bangli. Bagi wanKawan yang suka banget hunting Foto, ini ada enam spot foto asik yang wajib wanKawan kunjungi kalo ke Bangli. Yang lain banyak sih, tapi yang enam ini adalah inti dari yang lainnya, so, silahkan disimak wanKawan:

Tirta Empul, Ubud, Sejarah Sumber Mata Air yang Mematikan, Mau Coba?

Image
Bali atau sering disebut juga Pulau Dewata, yang mayoritas masyarakatnya beragama Hindu. Kata banyak orang, Bali adalah tempat liburan yang asik. Ya, benar sekali wanKawan, tak ada yang salah dalam kata-kata tersebut. Dan, ada banyak juga tempat wisata di Bali adalah tempat yang penuh sejarah, baik itu sejarah dari budaya maupun sejarah perjalanan hidup Negara Indonesia.

Lima Alasan, Kenapa Bukit Campuhan Menjadi Wisata yang Wajib Kamu Kunjungi!

Image
Hallo semangat pagi yang dingin!
Jika wanKawan mendengar kata Bali, mungkin salah satu tempat yang terlintas dipikiran wanKawan adalah Ubud. Ya, banyak sekali wisata Ubud yang bisa wanKawan kunjungi. Ubud ini sangat terkenal bagi wisatawan asing, karena tempatnya yang asik banget dan adem. Jadi, jangan heran jika wanKawan ke Ubud, jumlah orang asing hampir sama banyaknya dengan orang pribumi. Apalagi jika wanKawan bermain di daerah Monkey Forest, mungkin wanKawan akan berkata, ‘Apakah ini di Indonesia!’. Ya, itu masih menjadi bagian dari Indonesia Bung! #hehehe.

Lidah Mertua: Kumpulan Puisi yang Sangat Menggugah Hati

Image
Semangat Sore Kawan!
Kapan pun waktunya, harus tetap semangat ya!
Ada buku bagus ni… Buku terbaru karya Bang Benny Arnas yang berjudul: Lidah Mertua. Buku ini merupakan kumpulan puisi karya beliau dan sebagian besar sudah pernah dimuat Koran Tempo, Riau Pos, dan Lampung Pos. Buku Lidah Mertua ini diterbitkan pada Bulan November 2016 dengan penerbit Basabasi (Yogyakarta) dengan tebal buku 62 halaman + cover.

13 Hal yang Wajib Kamu Foto di Butterfly Park, Desa Kemenuh, Bali.

Image
Hallo wanKawan…

Buat wanKawan yang masih di Bali atau yang mau berencana mengunjungi Bali ada satu tempat yang asik buat kamu kunjungi, dan banyak juga yang bisa kamu pelajari di sini, Butterfly Park namanya. Tempat wisata berlokasi di Desa Kemenuh, satu arah jika wanKawan ingin ke Bangli dari Denpasar.

10 Hal yang Wajib Kamu Lakukan di Desa Tenganan Pegringsingan

Image
Hallo wanKawan,

Wisata desa bisa menjadi pilihan wisata antimainstream bagi wanKawan yang suka dengan sejarah atau merakyat. Nah, lumayan banyak wisata desa yang bisa wanKawan kunjungi di Pulau Bali, salah satunya adalah Desa Tenganan Pengringsingan, Karangasem. Kalo wanKawan mau ke sini, ada 10 hal yang wajib wanKawan lakukan di Desa Tenganan Pegringsingan ini:

1. Bayar Donasi.

Apalagi Skenario Kasus Pak Ahok Ini? Mari Kita Pelajari untuk Lebih Bijak Lagi!

Image
Sudah siapkah kita menjadi seorang pemimpin? Jangan hanya berkomentar!
Seorang pemimpin, bukanlah orang biasa. Apalagi pemimpin bagi banyak orang. Mereka dipilih pun bukan karena hal yang biasa, pasti ada hal luar biasa dibaliknya. Setelah pemimpin tersebut dipilih, sikap dan tutur kata haruslah berbeda, karena sekarang sang pemimpin tersebut adalah seorang public figure. Seorang pemimpin yang akan menjadi sorotan masyarakat. Sikap dan tutur kata adalah hal yang penting untuk disaring, salah sedikit bisa menjadi bomerang baginya.

11 Rekomendasi Pantai Eksotis di Pulau Bali

Image
Semangat menjadi baik wanKawan.

Bali, Pulau Dewata, pulau yang banyak patung dewanya. Pulau Bali juga sangat terkenal dengan keindahan wisata alam pantainya. Begitu  banyak wisata pantai di sini, wanKawan tinggal pilih mau pergi ke pantai yang mana. Sebelah Utara ada pantai, Selatan begitu juga, Barat apa lagi, Timur juga banyak sekali. Jadi kalo wanKawan berada di Bali, ga perlu takut sariawan deh, karena banyak Vitamin Sea di sini, eh Vitamin C maksudnya. J


Karena saking banyaknya pantai di Bali dan tak mungkin dikupas atu-atu, ini ada sebelas rekomendasi pantai yang bisa wanKawan kunjungi di Pulau Dewata:

12 Kegiatan Asik yang Bisa Kamu Lakukan di Daerah Puputan Badung, Satu Hari FULL!

Image
Halo Semangat Tengah Malam Kawanku!

Ada apa dengan semangat tengah malam? Makanya, baca ini dulu ya Semangat Tengah Malam  

Seperti yang telah aku janjikan sebelumnya, aku masih akan bercerita mengenai traveling anti mainstream di Bali ala ala duit pas-pasan #hahaha. Yok Lanjut…

Selama tinggal di Kota Denpasar, lumayan banyak banget yang bisa dilihat, terutama orang-orang berjualan dan aktivitas jual beli (wajar saja, tinggal di daerah pasar sih #hehehe). Nah, kebetulan banget lokasi kontrakan anak-anak I Love Emas ( I Love Emas= nama perusahaan) ini sangat strategis dan dekat dengan Puputan Badung.


Tentang Rasa, Suara, Rupa, Bau dan Bentuk

Image
Wahai rasa Ajarkan aku mendengarkan rasa pahit Melihat rasa manis Mencium rasa asin Meraba rasa masam

Malaikat Penyelamat Dikala Lapar, Warung Cak Bagus, Denpasar

Image
Semangat Pagi Kawanku,
Apa kabar wanKawan Indonesia! (sok nasionalis nih 😁) Semoga baik dan sehat selalu ya. Kalo badan sehatkan so pasti bisa jalan-jalan kemanapun dong, kan asik tu.
Seperti yang telah aku ceritakan pada postingan sebelumnya mengenai perjalanan backpacker ke Bali pada artikel Backpacker Yogyakarta-Bali. Dan juga sedikit ulasan mengenai salah satu masjid di Denpasar pada artikel Masjid Raya Ukhuwwah. Nah, kali ini aku akan sedikit bercerita mengenai tempat makan favorite dan recommended buat wanKawan yang sedang ada di Denpasar, khususnya dekat dengan Jalan Kartini.

Puisi Kemarau

Image
Wahai kemarau yang merana Katanya pasanganmu adalah hujan Lantas kenapa kalian tak kunjung bersama Selalu datang bergantian

Cinta Hina

“seperti hujan, katamu, rindu adalah gerimis yang melebat tiba-tiba. mengalirkan kamu kedalam anganku. selalu dan tiba-tiba.” ―firman nofeki Mencintai orang yang tak seharusnya kita cintai adalah suatu perwujudan kuasa Tuhan. Tak ada yang patut disalahkan. Cinta hanya datang dan menetap pada orang yang tepat. Semua sudah ditakdirkan. Tak ada yang salah pun cinta.

Jika Sudah Bernafsu, Maka Fokuslah

94. Nafsu itu membutakan. Menutup semua mata hati. Menjadikan semua lebih tak berarti dari pada nafsu itu sendiri.
Nafsu ini bermakna ganda, bahkan lebih.
Nafsu untuk meraih asa dan cita adalah nafsu dalam hal positif.
Nafsu yang berarti bergairah dan bersemangat.

Emosi untuk Sang Manusia J*l*ng

97.Bertindak menyakiti dari belakang akan lebih menyakitkan dari apapun jika ketahuan. Dan aku yakinkan itu pasti akan sulit untuk di maafkan.

Apa yang sudah kau lakukan
Jangan anggap aku bodoh
Aku juga bukan anak kemarin sore
Aku hanya ingin belajar

Berbuat Baiklah

96. Memang aku kurang bisa membaca tingkah dan pola orang apa lagi menebak suatu hal yang tak tersirat. Tapi paling tidak aku selalu mencoba berbuat baik untuk tidak menyakiti. Tak sedikit pun berniat untuk menyakiti. Itu saja cukup.
Manusia itu diciptakan Tuhan ke dunia untuk berbuat baik.
Berbuat baik kepada seluruh makhluk Tuhan.
Tanpa terkecuali.

Menghabiskan Malam Bersama Jazz Bukit, Bukit Sulap, Lubuklinggau

Image
“Bang, musik Jazz itu musiknya orang kaya! Paling enak kalo nonton Jazz itu sambil duduk.” Komentar sepupuku dari Bengkulu, yang katanya Pecinta musik Jazz, Joko namanya. Sabtu malam, 5 November 2016, bertempat di kaki Bukit Sulap, Lubuklinggau, malam ini kami habiskan dengan menonton konser ‘Jazz Bukit’ sebagai penutupan serangkaian HUT Lubuklinggau yang ke-15. #AyoNgelongkeLubuklinggau

Surga Tuhan

95. Surga Tuhan itu jauh lebih indah dari apapun
Semangat pagi bumi Yogya!
Bagaimana hari-harimu? Indah bukan! Apalagi buat kamu yang sedang melakukan liburan atau wisata. Pastinya kamu akan menjumpai tempat-tempat atau objek wisata yang indah. Yah, semua itu adalah ciptaan Allah. swt. Lantas patutkah kita kagum? Ya, memang sepantasnya kita kagum. Menikmati dan mensyukuri keindahan yang Allah.swt berikan tersebut adalah perbuatan baik nan berpahala.
Sama halnya bagimu, pasanganmu adalah yang terbaik bagimu, tak ada yang lain. Dan tetap semua itu adalah cipataan Tuhan. Dialah yang maha membuat, membuat semuanya. Creator. 
Begitupun dengan sebuah kesuksesan adalah suatu momen yang paling indah yang selalu diincar oleh semua orang. Terkadang malah, sukses adalah suatu cita-cita bagi mereka. Mimpi menjadi sukses.
Ada yang lebih indah daripada yang indah: surga. Begitu indah buatan-Nya; masih dibuat oleh-Nya. Mempunyai cita-cita untuk masuk surga dan melihat surga adalah suatu yang indah bila d…

Beristirahat Sejenak di Masjid Raya Ukhuwwah Denpasar, Bali

Image
Semangat menyambut masa depan cerah Kawan!
Sore ini seperti biasa, suara Adzan Magrib berkumandang dari Masjid Raya Ukhuwwah tepat setelah jadwal Ibadah Umat Hindu (Tri Sandya). Masjid Raya Ukhuwwah ini berlokasi di Jalan Kalimantan No. 19, Denpasar, Bali. Lokasi masjid yang sangat strategis, terletak di tengah-tengah Pasar Badung: salah satu jantung perekonomian masyarakat Denpasar.

Seperti yang kita ketahui, Bali, Pulau Dewata ini sungguh kental dengan adat dan budaya. Mayoritas penduduk yang beragama Hindu ini membuat suasana yang saya rasakan begitu sakral dan magis disetiap sudut pulau ini. Begitu banyak Pura dan Patung Dewa semakin menambah kekhasan dari pulau ini. Tapi, yang membuat saya semakin kagum dari semuanya adalah masjid ini: Masjid Raya Ukhuwwah. Di tengah-tengah masyarakat yang mayoritas Hindu, tapi masih banyak juga umat Islam yang begitu taat dan senantiasa meramaikan masjid ketika jadwal shalat. Tak seperti yang saya bayangkan.

Meninggalkan dan Ditinggalkan

93.Yakinlah. Ditinggalkan itu lebih sakit dari pada meninggalkan.
Siang pun, kini kembali basah,
Meninggalkan dan ditinggalkan adalah hukum alam, perkara alam. Itu pasti terjadi. Memikirkan bahwa tinggal dan pergi lambat laun akan menjadi hal biasa. Semua subjek dan objek tetap akan merasakan kehilangan, tapi terkadang lebih sakit orang yang ditinggalkan, karena orang yang meninggalkan akan menempati suatu hal yang baru, mendatangi ranah baru, orang-orang baru dan akan semakin cepat dia rasa sakit itu terbiaskan. Tapi, bagi yang ditinggalkan akan tetap merasakan hal yang sama, ranah yang sama, dan pada posisi yang sama, setiap jengkal pasti akan mudah mengingatnya, tersiksa. Pasti tersiksa. Yah itu adalah hukum alam. Obatnya hanya satu, IKHLASLAH! Doing something new.

Hujan Oktober …

Mencinta Tak Sesakit Itu

100. Mencintai itu tak harus menyakiti diri sendiri. Begitu pun to meyakinkan cinta.
Kala cinta datang Hati seakan berperang Ingin diri selalu memandang Tak mau, muka jauh dipandang
Kini pagi dan malam selalu terang Jika bisa tak ada waktu senggang Selalu ingin bersamanya, hingga melayang Tapi terkadang, dia tak peka hati yg meriang
Kadang aku bersungut mencari perhatian Agar dia mengerti arti penantian Hingga kuluka untuk yang kesekian Kadang aku buat sakit, agar mendapat belaian
Hingga suatu ketika dia datang Dan aku senang bukan kepalang Sakit ini rasanya hilang Lenyap, tak memberang
Lalu Setelah itu Dia berkata, "aku tahu kau cinta, tapi apakah benar cinta membuatmu demikian? Apakah cinta memperlakukanmu sedemikian? Jika iya, itu benar. Lebih baik kita tak mencinta. Karena itu bukan cinta yang semestinya. Mungkin itu hanya nafsu!" Kemudian aku membisu

Undercontraction

Image

Sawah Indah

Image
Sawah itu indah, Tak ada sawah yang tak indah, Pun padi itu indah, Padi menguning lebih indah, Beras pun indah, Beras merah beras putih itu indah, Nasi juga indah, Saat lapar begitu indah.



1 November 2016, On my way Banyuwangi Baru - Yogya