Biarkanlah Ikhlas Memaknai Dirinya Sendiri


Mengapa harus ada pertemuan? Pertemuan adalah kuasa Tuhan. Ia mempunyai rencana, lebih tahu apapun daripada yang manusia tahu: maha mengetahui. Pertemuan adalah rahasia alam, dalam hingga ke dasar bumi dan tinggi setinggi tiang langit. Sungguh, tak aku inginkan pertemuan semacam ini. Kau memberikan harapan, lantas kau torehkan luka hati. Aku tak pernah menganggap aku bodoh karena aku mengenalmu. Aku hanya kurang beruntung karena lebih lambat mengenalmu. Andai saja, kau lebih dulu mengenalku, aku yakin bahkan sangat yakin kau akan setia padaku. Tak perlu lagi ada dusta di antara aku, kau dan dia.

Mengenalmu bukanlah suatu kutukan, tapi ini akan menjadi musibah antara aku, kau dan dia. Wahai kau pujangga cinta, inilah kalimat yang telah hidup dan nyata, ‘Ketika cinta memanggilmu maka dekatilah dia walau jalannya terjal berliku, jika cinta memelukmu maka dakaplah ia walau pedang di sela-sela sayapnya melukaimu.’ Kalimat dari sang pujangga sejati: Khalil Gibran. Sepenting itukah cintamu.
         Lagi, sungguh aku tak menyalahkan pertemuan dusta itu. Aku telah belajar banyak dari kau. Aku tahu, kau tak mengajarkan hal demikian: perihal selingkuh yang kau lakukan sekarang. Tapi, dari kaulah aku belajar, belajar untuk tidak menyakiti orang yang menyayangi. Aku juga demikian, aku tak akan menyakitimu, karena aku tahu cinta itu tulus dari hatimu. Terlihat dari mata jujurmu. Lantas, kau harus aku anggap sebagai apa? Siapa kau sebenarnya? Akan aku jadikan apa kau dalam hidupku? Teman? Ya, teman hidup!
Perihal berbagi, kali ini aku benar-benar telah belajar belajar berbagi cinta, kasih dan kekasih. Terkadang berbagi itu tak sesederhana katanya. Harus memberikan apa yang kita punyai, entah itu sebagian atau sepenuhnya, dan aku tak tahu apa yang telah kau lakukan ihwal berbagi ini. Tetaplah, berbagi dimaknai untuk menginspirasi, cerita kisah berbagi ini pun mungkin akan menginspirasi.
Sepenting itukah egomu? Hingga kau harus memilih kedua-duanya dari dua pilihan. Apakah itu termasuk dalam artian, kau telah memilih? Yah, itu termasuk dalam hal tersebut. Kau telah memilih aku dan dia. Itu adalah pilihan. Pilihan dan keputusan untuk berbagi. Mungkin kau tahu betapa sakit hatiku ini pun hati dia yang kau duakan. Sungguh, Aku tak membayangkan bagaimana ini terjadi dalam kehidupan nyata rumah tangga, mungkin sungguh sakit. Aku yakini itu memang sungguh sakit. Poligami memang seharusnya dilarang. Larangan untuk menduakan apalagi mentigakan atau lebih dari itu, karena hati dan jantung manusia cuma satu.
Begitu rumitnya dunia, hanya karena sebuah cinta. Lantas apa yang harus aku lakukan dalam situasi pilihanmu itu, situasi atas keputusanmu itu. Hati ini sungguh berantakan kaubuat. Mungkin aku harus belajar ikhlas, ikhlas dalam konteks sebenarnya. Ikhlas untuk membiarkan kau membagi kasih ini atau ikhlas untuk meninggalkan kau hanya untuknya. Ah, aku gundah. Gundah gulana.
Kita berawal karena cinta, biarlah cinta yang mengakhiri. Lagi, sungguh kehadiranmu membuat hidupku lebih berarti, lebih berwarna, lebih bermakna, dan lambat laun aku beranjak meninggalkan kebiasaan kotorku-zona setan-menuju secercah harapan untuk masa depan cerah. Kini aku telah benar-benar ikhlas. Ikhlas dengan apapun itu, semua tak akan aku permasalahkan lagi. Biarkanlah ikhlas memaknai dirinya sendiri. Siapa tahu nanti, ikhlas mendapatkan ilham untuk memaknai dirinya sebagai inspirasi. Ikhlas berbagi inspirasi. Cerita gundah ini sungguh aku selesaikan dengan kegundahan hati dimalam pekat ini.
“Jika harus begitu, kenapa tidak!”
“Maksudnya?”
“Ya begitulah!”
“Aku tidak mengerti, coba jelaskan!”
“Jadi begini, begitulah ceritanya.”
“Ok, baiklah!”
Pada sepertiga malam, di bawah sendu sinar bulan purnama yang tak begitu tampak bulat, tertutup awan gelap, diiringi suara angin malam yang membelai lembut, dingin menusuk kalbu. Sepasang manusia terlihat berdialog datar, di pinggir pantai, menatap jauh ke depan, tak berpandangan, mungkin bukan sepasang kekasih. Kini, aku duduk sendiri, di bawah pohon sepi, mencoba mengerti dialog yang sedang mereka maini. Terkadang, ketidakjelasan bisa menjadi lebih berarti jika dimaknai dengan hati. Kembali, mereka telah menginspirasi. Semua ini telah termaktub. Ya, aku, kau dan dia. Bukan mereka.



*Terinspirasi dari lagu Sebuah Rasa oleh Agnes Monica.

Comments

Popular

OPPO Service Center Lubuklinggau Siap Melayani Kamu

Potret Wisata Air Terjun Watervang, Lubuklinggau, Sumatera Selatan, 2017: Terlihat Sangat Alami

13 Jenis Headline yang Mematikan dalam Copywriting

Lidah Mertua: Kumpulan Puisi yang Sangat Menggugah Hati

Lima Fakta yang Wajib Kamu ketahui Mengenai Kupu-kupu Gajah (Attacus atlas)