12 Hal yang Dapat Kamu Lakukan Ketika Liburan Akhir Pekan


Pernah merasa bingung mau ngapain aja saat akhir pekan?
Tak perlu bingung! Sebenarnya banyak hal yang dapat kamu lakukan ketika kamu sedang libur pada akhir pekan. Sekarang tinggal tergantung kamu untuk memilih, apa yang perlu kamu lakukan ketika akhir pekan. Setiap orang memiliki kesibukan dan rutinitas yang berbeda, begitupun cara menikmati liburannya. Berikut 12 hal yang dapat kamu lakukan ketika liburan akhir pekan:

1.    Jalan-jalan
Jalan-jalan ketika liburan merupakan salah satu pilihan untuk mengisi liburan akhir pekanmu. Jalan-jalan bisa kamu lakukan kemanapun kamu mau, baik itu jarak dekat ataupun jarak jauh. Jalan-jalan yang dimaksud bukan berarti hanya mengunjungi tempat wisata. Banyak tempat yang bisa kamu kunjungi, misalnya jalan ke mall, ke rumah keluarga atau kerabat (silaturahmi), ke taman, ke masjid, dan masih banyak tempat-tempat yang bisa kamu kunjungi untuk mengisi hari liburmu. Saranku, sebaiknya jalan-jalan yang kamu-lakukan tidak terlalu membuatmu letih dan terlalu menguras tenaga. Mengingat setelah akhir pekan, pasti akan kembali kerja. Jangan sampai mengganggu kerjamu ketika selesai akhir pekan. Tetap jaga profesional kerja ya wanKawan!

2.    Belajar keterampilan baru
Bingung mau ngapa-ngapain? Bosan rasanya melakukan kegiatan yang sama atau sudah pernah dilakukan. Salah satu hal yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah tersebut dengan cara belajar keterampilan baru; belajar keterampilan yang belum pernah kamu-lakukan. Lakukanlah dengan senang hati, dan penuh rasa penasaran. Bisa jadi keterampilan baru ini bisa mendatangkan semangat baru, mendatangkan ide-ide baru, mendatangkan sumber rezeki yang baru. Amiiiin...

3.    Melakukan hal yang disukai
Melakukan hal yang disukai, bisa jadi tak ada habisnya dan bisa jadi tak ada bosan-bosannya. Dari pada bengong mending doing something that you love. Bagi beberapa orang, melakukan hal yang disukai itu bisa membangkitkan semangat dari rutinitas kerja. Misalnya kamu lebih suka tidur atau lebih suka berendam di kolam renang. Ya, cukup lakukan sesuai dengan yang kamu mau, Kawan.

4.    Menonton
Siapa sih yang tak suka menonton? Era digital sekarang ini banyak hal yang bisa kamu tonton. Mulai dari video amatir yang biasa punya; video yang benar-benar dibuat secara profesional; ataupun film; bahkan kamu juga bisa menonton tetangga sebelah yang sedang doing something #eyaaaa (hihihi).

5.    Olahraga
Olahraga bisa membuat badanmu sehat dan bugar. Sebenarnya olahraga tak harus dilakukan pada akhir pekan saja. Seharunya bisa kamu lakukan setiap hari sesuai dengan porsinya. Tapi bagi beberapa orang yang terlanjur tenggelam dalam kesibukannya tiap hari, ada baiknya menyempatkan olahraga satu kali dalam seminggu. Misalnya renang, lari, dan olahraga lainnya.

6.    Buat acara kumpul-kumpul
Sudah lama ni ga kumpul dengan teman-teman. Sekali-kali buat acara dengan teman atau sahabat bisa menjadi salah satu alternatif yang perlu kamu lakukan untuk mengisi waktu libur akhir pekanmu. Tetap saling menjaga silaturahmi itu perlu. Ya, kumpul-kumpul itu tak perlu harus ada acara yang meriah dan terencana. Cukup duduk bersama, kumpul, ngobrol, dan bersenda-gurau. Hal tersebut bisa jadi momen yang menyenangkan pada akhir pekanmu.

7.    Quality time with family
Keluarga adalah nomor satu. Bagi personel keluarga yang terkadang juga sudah terlanjur terkubur dalam kesibukan, rasa-rasanya sedikit kurang waktu untuk keluarga. Meluangkan waktu untuk keluarga dengan melakukan hal bebas bisa menjadi salah satu hal yang perlu kamu lakukan.

8.    Me time
Hampir sama dengan poin tiga. Tapi, me time yang dimaksud adalah benar-benar menghabiskan waktu sendiri, melakukan suatu hal sendirian. Bisa jadi ini diartikan sebagai evaluasi buat kamu atau memanjakan tubuhmu. Misalnya, bermeditasi, merenung, melamun, dan beberapa hal yang lainnya. Pastinya tetap pada koridar yang semestinya ya.

9.    Kondangan
Saat musim kawin, biasanya hampir setiap weekend pasti ada acara kodangan atau acara nikahan (wedding party). Bagi kamu yang terlanjur gaul dalam pergaulan, biasanya setiap minggu pasti ada saja undangan. Ya ini, bisa jadi salah satu kegiatan yang kamu lakukan khusus pada akhir pekan.

10. Beresin rumah/kamar/kost
Punya rumah yang sangat besar; atau rumah kecil sederhana; atau hanya kos-kosan; atau hanya kamar saja, lantas tidak punya asisten rumah tangga untuk memberesi tempat tersebut. Akhir pekan bisa menjadi waktu yang tepat untuk memberesi tempat tersebut. Luangkan waktu untuk memberesi hal tersebut sangat perlu kamu lakukan. Maksimal satu kali dalam seminggu. Hidup sehat, rapi, dan bersih itu wajib Kawan.

11. Kerja
Wah ini ni, bagi Kamu yang sedang kejar target! Tak mengenal akhir pekan; tak mengenal tanggal merah. Tak banyak kata untuk manusia-manusia seperti ini SEMANGAT WANKAWAN!

12. Istirahat
Istirahat itu perlu Kawan. Buat kamu yang sudah bekerja keras selama hari kerja, tiap hari lembur. Akhir pekan sepertinya sangat cocok kamu luangkan untuk istirahat, kembali menstabilkan kondisi badan. Agar badan tetap sehat, istirahat yang cukup adalah salah satu kuncinya.

Kira-kira sudah ada rencana belum untuk akhir pekanmu? Yok manfaatkan waktu dengan bijak, sesuai dengan porsinya, sesuai dengan keperluannya. Isi waktu luang libur akhir pekanmu tak harus dengan bersenang-senang kok. Semua itu ada waktunya! Sekali lagi, perlakukanlah waktu dengan bijak karena memang waktu tak bisa kembali.



Sumber foto:


Baca juga:

Comments

Popular

Puisi Resah Sang Pencari Kerja

Potret Wisata Air Terjun Watervang, Lubuklinggau, Sumatera Selatan, 2017: Terlihat Sangat Alami

Lima Fakta yang Wajib Kamu ketahui Mengenai Kupu-kupu Gajah (Attacus atlas)

Lidah Mertua: Kumpulan Puisi yang Sangat Menggugah Hati

Bukit Sulap dan Hikayat Putri yang Hilang