5 Obat Alami Mengatasi Sariawan

Pernah sariawan? Terkadang rasanya WAW banget! Mau makan apapun rasanya tak enak. Perih. Malah terkadang mau berbicara pun rasanya sangat malas karena perihnya sariawan tersebut.
Banyak obat yang bisa kamu gunakan untuk mengobati sariawan ini. Nah, ini ada obat alami yang bisa kamu gunakan untuk mengobati sariawanmu. Mau coba? Yok simak!
1. Air garam

Referensi pihak ketiga
Air garam dapat bekerja sebagai antiseptic dan mendukung proses penyembuhan. Cara menggunakannya sangat mudah, kamu cukup mencampurkan 1 sendok the garam pada secangkir air hangat dan aduk hingga rata. Kemudian berkumurlah dengan larutan tersebut selama 15 hingga 30 detik, lalu buang. Kamu dapat mengulangi proses ini hingga 4 kali dalam sehari.
2. Madu

Referensi pihak ketiga
Madu memiliki sifat anti radang yang membantu meredakan nyeri dan mengurangi pembengkakan. Selain itu, madu juga memiliki sifat antibakteri yang berperan dalam mencegah infeksi sekunder. Caranya cukup mengoleskan madu pada sariawan hingga 4 kali sehari.
3. Minyak kelapa

Referensi pihak ketiga
Minyak kelapa mempunyai sifat antimikroba yang dapat menyembuhkan sariawan dan mencegahnya tersebar. Minyak ini juga memiliki sifat antiradang yang dapat meringankan rasa nyeri. Kamu cukup mengoleskan minyak ini pada sariawan dan ulangi hingga beberapa kali dalam sehari sampai sariawan mereda.
4. Es batu

Referensi pihak ketiga
Es batu diyakini bisa mengurangi rasa perih pada sariawan. Hal tersebut dikarenakan suhu dingin dari es batu yang dapat membuat daerah di sekitar sariawan menjadi kebas. Perlu diingat untuk mencairkan sejenak es tersebut sebelum ditempelkan pada sariawan. Jika kamu langsung menempelkan es batu yang baru dikeluarkan dari kulkas ke sariawan, makan akan bisa menyebabkan iritasi pada sariawan.
5. Gel lidah buaya

Referensi pihak ketiga
Sama halnya dengan minyak kelapa, gel lidah buaya juga dapat dioleskan pada area sariawan. Gel lidah buaya ini dapat membantu mengatasi iritasi dan mengurangi rasa perih dan radang akibat sariawan. Walaupun dianggap aman, tapi penggunaan lidah buaya ini masih butuh penelitian lebih lanjut.
Sumber dari situs Dokterbabe.com/artikel/obat-sariawan/
Sumber gambar dari Freepik.com

Popular

13 Jenis Headline yang Mematikan dalam Copywriting

Melepas Lelah Dan Menikmati Megahnya Masjid Agung Darussalam Muara Beliti, Musi Rawas, Sumatera Selatan

6 Karakter Marah yang Sering Ditemui

Bagi Pencinta Nokia, Wajib Tahu 7 Keunggulan Nokia 2 Terbaru