MASALAH ATAU SOLUSI?


Kita tak pernah tahu, apa yang akan terjadi nanti? Kita tak pernah tahu, akan jadi apa kita nanti?

Kalimat di atas membangunkanku dari lamun panjang di siang hari bolong. Siang kemarin, tepat di sudut taman komplek rumah. Aku berbaring santai di bawah pohon. Melepas penat. Melepas letih akan rutinitas.

Terkadang aku bingung dengan hidup ini. Mengapa manusia tak kunjung puas? Mengapa manusia selalu merasa kekurangan? Selalu mencari. Mengais. Hadoh.

Apakah arti hidup memang begitu? Apakah itu sifat alamiah manusia? Atau apakah ini pengaruh buruk dari syaitan? Apakah memang begini ... apakah memang begitu?

Pertanyaan demi pertanyaan bertabrakan di kepalaku. Menghambur sesuka hati. Tanpa henti. Aku tak memikirkan jawabannya hanya berkutat pada pertanyaan-pertanyaan dan permasalahan-permasalahan.

Pikiranku malah semakin keruh. Keruh-sekeruh-keruhnya.

Sepertinya aku butuh penetralisir. Tapi tak tahu penetralisir seperti apa yang aku butuhkan? Aduh ....

Aku diam sejenak mencoba mengosongkan pikiran. Tapi ... apalah daya otakku tak dapat berhenti berpikir. Entah ... ada saja yang aku pikirkan. Namun, yang jadi permasalahan, otakku tetap saja hanya memikirkan permasalahan. Tak henti.

Akankah ini akan berujung jika aku hanya berkutat pada permasalahan? Sepertinya, itu akan semakin memperkeruh pikiran. Harusnya, apa yang perlu aku pikirkan?

Tuhan memberi jawaban dari pertanyaan-pertanyaan dan permasalahan-permasalahan yang tak henti aku pikirkan. Jawaban itu aku dapatkan dari salah satu status di Instagram. Ah ... kalimat ini benar-benar menggugahku: jangan hanya berkutat pada permasalahan namun pikirkanlah solusinya, hanya jika kamu ingin keluar dari masalahmu.

Waw ... awesome ... Tuhan memang maha segalanya. Aku yakin ini petunjuk dari Tuhan. Tuhan akan memberikan petunjuk kepada makhluknya melalui media apapun itu, bahkan kadang kita tak menyangka kapan, dimana, dan melalui apa petunjuk itu akan diberikan.

Comments

Popular

Asiknya Mandi di Air Terjun Sando, Lubuklinggau, Sumatera Selatan

Lidah Mertua: Kumpulan Puisi yang Sangat Menggugah Hati

TERUSKAN SAJA SEMAUMU HINGGA USAI

OPPO Service Center Lubuklinggau Siap Melayani Kamu

Review Hikayat Putri yang Hilang "Silampari"