MEMBACALAH

Membaca buku adalah salah satu cara membuka jendela dunia. Namun, sekarang membaca adalah salah satu masalah yang sedang dihadapi oleh negeri ini. Minat membaca di Indonesia sangatlah minim. Tak perlu jauh-jauh, sudah kah kamu membaca buku hari ini?

Hal di atas menjadi topik yang kami bahas dalam diskusi Majelis Lingkaran hari ini. Majelis Lingkaran adalah salah satu komunitas literasi membaca dan menulis di Lubuklinggau. Masalah ini menjadi sangat seksi di mata kami selaku pegiat literasi. Miris dan prihatin.

Pada dasarnya, membaca buku mempunyai segudang manfaat. Beberapa manfaat membaca buku: menambah wawasan, menambah ilmu, melatih diri untuk fokus, mengasah imajinasi, melatih emosional diri, sebagai terapi, obat penenang, dan masih banyak lagi. Tapi, mengapa masih banyak orang di Indonesia memiliki tingkat kesadaran yang rendah dalam hal membaca buku? Bisa jadi karena pengaruh lingkungan.

Ada apa dengan lingkungan kita? Banyak masalah lingkungan yang menjadi faktor mempengaruhi hal tersebut. Misalnya, pengaruh lingkungan keluarga yang memang kurang suka membaca; lingkungan yang labil, hanya menjadi penikmat perkembangan zaman dan teknologi tanpa ada dasar; pengaruh orang terdekat; dan masih banyak pengaruh lingkungan yang lainnya.

Salah satu solusinya adalah dengan meningkatkan kesadaran pada diri sendiri, kemudian cobalah tularkan pada orang sekitarmu. Jika bingung mau membaca apa, cobalah baca buku yang sesuai dengan hobimu. Dengan begitu semangat membaca pun pasti akan semakin meningkat.

Comments

Popular

Bujang Gadis Bule Pakle - Perfect Strangers

10 Cara Mendapatkan Tiket Pesawat Murah

Bukit Sulap dan Hikayat Putri yang Hilang

OPPO Service Center Lubuklinggau Siap Melayani Kamu